Shogun FI Akhirnya Dilego Karena Cukup Banyak Bermasalah

Shogun FI keluaran 2009 yang dulu dipakai bapak saya sehari-hari akhirnya dilego. Karena setelah 3 tahun pemakaian sudah mengalami cukup banyak masalah.
image

Yang pertama adalah gear ketiganya sudah ‘kena’ sehingga harus turun mesin. Dan untuk overhaule memerlukan waktu 2 hari jika parts tersedia, jika tidak bisa seminggu motor ndongkrok di bengkel. Masalah kedua adalah penggantian parts indikator bensin memakan waktu sekitar sebulan dan harganya sangat mahal menurut saya sekitar 250k. Setelah indikator bensin baru terpasang timbul masalah baru, fuel pumpnya bermasalah. Motor tidak mau distarter seperti kehabisan bensin namun kadang-kadang bisa nyala meski terasa nyendat-nyendat.
Karena masalah yang cukup kompleks akhirnya setelah ditawar 7,5juta shogun FI 2009 dilepas. Penurunan harga lebih dari 50% dari awal pembelian senilai 16an juta. Jauh beda dengan vario teman saya yang tahun yang sama dan usia yang sama masih dihargai 9,sekian juta.
Permasalahan suzuki sebenarnya hanya pada ketersediaan parts dan harga dari partsnya yang mahal, apalagi untuk varian yang kurang populer. Sehingga menyebabkan harga jual jatuh.

40 gagasan untuk “Shogun FI Akhirnya Dilego Karena Cukup Banyak Bermasalah

  1. ringkih amat motornya bro,bru 3th dah byk bgt kerusakannya.si supri th 2009 adek qw belum jajan apa2 tuh bro selain oli mesin.mlh qw cba msh alus kyk baru.km dah 40rbuan.

      • Eh buseettt walau thn Muda tp KM ud tggi bro
        Mungkin mmg DCP FI Lbh baik dr PGM FI atw YMJET FI tapi lbh rewel ya bro dr PGM FI atw YMJET FI

      • Motor ini emang sehari2 dipakai ngantor dan aktifitas lainnya dan kadang dipakai luar kota juga. Menurut ane suzuki shogun series (pernah punya 110 bagong, 125 keluaran pertama, dan 125 fi) memang performa jos, tapi durabilitasnya kurang. Diatas 3 tahun pasti jeroan mesin ada yang bermasalah. PGM-fi durabilitasnya lebih baik, ymjet fi belum tahu karena masih produk baru

      • kok aneh yh bisa ampe gigi patah gitu.

        padahal shogun 125 tahun 2005 ane udah jalan 9 tahun gak pernah ada masalah dengan mesin. pling komponen fast moving kampas rem, kampas kopling, gasket karbu, lager roda, dll.

        itupun mesin selalu paksa rpm tinggi di gigi rendah gak pernah ada masalah dengan jeroan mesin.

        apa mungkin dapet produk cacat bro??? ato ada yg jailin masukin batu ke lubang oli???? :D

        analisis ane gear 3 kmrecek bukan dari dalemannya bro,
        - bisa jadi ente nyetel stationernya dibuat rendah(ingin halus) jadi begitu digas/ setengah kopling jeg-jeg (suara dekompresi),
        - atau karbu kotor/bensin campur bisa bikin akselerasi bersuara krek-krek dari karburator.
        - bisa jadi ente terlalu lama tahan gigi1/2(ngoper ditahan serasa netral) itu pasti gearnya kmrecek karna mekanisme kopling shogun 125/smash gak pake sistem kopling diafragma.

        dan kendala diatas udah ane alami hasilnya gak ada masalah dengan mesin. mungkin ente pakenya terlalu banyak dirasa jadinya motor kerasa cepet rusak padahal engga.

  2. hmmmmm, mungkin kronologis kerusakannya bisa lebih detail lagi terutama untuk masalah pada gigi dan indikator bensin, klo untuk fuel pump saya kurang tahu, apalagi injeksi rawan rusak fuel pumpnya jika penggunaan motor diluar batas kewajaraan.

    parah juga yah rusaknya, motor saya FLRCMD 2007 akhir, masih sehat2 saja mesinnya, walau pemakaian sering digeber pula, keluar kota juga sering. servis juga jarang sekali tapi mesin no problemo sampai saat ini. padahal sering dipake blasak blusukan ke gunung berbatuan pula sambil boncengan.

    analisa ngawur saya bisa jadi, klo untuk masalah gigi sperti yang diatas, bisa jadi kasusnya adalah perlakuan yang diluar kewajaran penggunaan sepeda motor seperti umumnya. mungkin slah ngoper gigi, atau rpm tinggi gigi dpaksa dipindah tanpa menurunkan gas terlebih dahulu, 90% keyakinan saya tentang masalah gigi ya seperti itu.

    klo untuk harga jual, tergantung barangnya sendiri ko gan, ditempat saya shogun seri lama pun masih 9,5 juta. yang seri FL diatas 10 juta untuk dalam kondisi mulus tidak pernah rusak.

    • Kalau gear3 yang bunyi kemrecek kemungkinan besar memang gara2 salah perlakuan karena pernah dipake adek buat belajar naek motor dengan gear tinggi di kecepatan rendah.
      Indikator bensin yg rusak adalah di bagian sensor yg terhubung ke pelampung yg didalam tanki ga tau apa penyebabnya dan yg jadi masalah itu inden partnya yg memakan waktu sebulan dan harganya muahal. Dan masalah fuelpump muncul setelah penggantian part indikator bensin.
      Masalah harga jual emang yg FI dihargai 7-8,sekian juta

      • klo dipake gear tinggi tapi kecepatan rendah, yang kena bukan gigi, tapi kampas kompling yang cepat aus klo menurut pengalaman saya. tapi gk tahu juga mungkin ya bisa jadi terjadi untuk kasus yang mas achmad alami ini.

        sensornya terlalu sensitif akibat goncangan, atau kualitasnya buruk itu kemungkinan besar menurut saya.

        wah ko murah yah, disini malah mahal gan.

  3. ya begitulah mas hehe, klo punya motor merk suzuki selain yang moncer penjualannya (Satria, Titan dan hayate) mau gk mau resiko itu harus diterima. beda dengan honda dan yamaha. semua tipe produknya hampir selalu ready sparepart. untuk harga sparepart tiap pabrikan relatif harga dan ragam sparepart oemnya, untuk tipe sama. tapi akan beda pula dengan part lain di honda misal mahal, tapi disuzuki murah.

  4. CARA JITU CEPAT LULUS TES TPA Oto BAPPENAS, PSIKOTES, TOEFL UJIAN SARINGAN MASUK CPNS/BUMN, S2 (PASCA SARJANA) UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN, UI INTERNATIONAL (PASTI BISA)
    SPESIALIS PELATIHAN TPA/PSIKOTES/ TOEFL UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN,UI INTERNATIONAL
    Ijin no:3789/PLSM/ I-133/VII/ 1995

    CARA JITU, CEPAT LULUS TES TPA, PSIKOTES &TOEFL UI (PASTI BISA)!
    Kami adalah Spesialis pelatihan TPA (Test Potensi Akademik)/PSIKOTES dan TOEFL memberikan pelayanan jasa pelatihan TPA dan TOEFL. Adapun pelatihan TPA, PSIKOTES dan TOEFL merupakan persyaratan Mutlak bagi Bapak/Ibu guna untuk mengikuti:
    - Tes untuk ujian saringan masuk CPNS dan BUMN
    - Tes untuk melanjutkan Beasiswa Pendidikan ke jenjang S1,Pasca Sarjana S2 untuk UMUM.
    - MEMBANTU REKAN-REKAN MAHASISWA/UMUM AGAR LULUS PSIKOTES DAN WAWANCARA KE PERUSAHAAN OIL AND GAS, BANK- BANK,CPNS, SERTA PERUSAHAAN MULTI NASIONAL LAINNYA DI SELURUH INDONESIA(SUDAH TERBUKTI).

    Note:
    - Biaya Belajar di Bayar di Muka
    - ± 80% peserta pelatihan Lulus tes S2,CPNS/BUMN di seluruh Indonesia
    (terbukti)

    HUBUNGI KAMI di:
    LYSSA,ST,MM / 021.71136838/ 0813 1879 2677
    Wisma Metropolitan 2,World Trade Centre, Jl. Jendral Sudirman,Jakarta

  5. wah, kerusakannya mayan jg ya utk motor 40rb km :)
    klo blh nanya, minumnya perta apa premi Om?
    soale soun ane km udh diatas 52rb msh ok aja :)
    tp AFAIK klo motor dipake byk orang, apalg jg dipake belajar naik motor emang lbh rawan. krn beda tangan beda perlakuan :)
    Untuk masalah kelangkaan beres yg melayani pelanggan smp puas dan kelangkaan spare part ane sepakat. merek ini memang punya masalah di situ :)

  6. klo minumnya premium untuk shogun injeksi emang rawan kotor fuel pump nya mas
    minim pertamax
    makanya sy blum berani ambil motor injeksi :D

  7. Bingung jga ni komentar ttg kendala shogun FI.
    Ini yg pnya blog pecinta honda x ya.
    Ak pemakai shogun FI nightrider thn 09 smpe skrg gk prnah ad mslah bro.
    Klo mslah perjalanan shogun ak gk usah ditanya beratny medan yg dilalui.
    Kebetulan shogun saya sering kluar msuk perkebunan bro.
    Malahan saya lebih enak pakai shogun FI ak dri pda honda supra 125.
    Tenaga nya jauh lebih kuat shogun.
    Slama hmpir 5tahun ini shogun saya melakukan pergantian sparepart gear 1set 1x.
    Penggantian bola lampu krna bro tau sndri lh peraturan dijln skrg siang hari speda mtor hrus hdupkan lampu,jdi pendek umur bola lampu.
    Penggantian sepatu rem depan belakang 2x.
    Smpe skrg shogun ku msih ttp oke performa nya.
    Klo bro ingin lihat shogun ak silahkan aj dtg kerumah ak.
    Ak berdomisili dikota medan.
    Thx

    • Wah, ane bukan fans honda bro. Dulu bapak ane fanatik shogun dari shogun kebo ganti shogun 125 terakhir shogun fi. yg sebelumnya fine2aja dan baru shogun fi yg mengecewakan.

      FYI sudah lebih 10 tahun ga ada motor honda di rumah sy

  8. Klo saya bkan pecinta merk.
    Tapi emang faktanya selama saya pakai shogun FI ketahanan dan ketangguhannya diatas lebih kuat dri supra 125.
    Kebetulan saya juga pnya honda supra 125.
    Saya bukan fans suzuki,tpi selama saya pakai produk suzuki saya akui performa dan ketahanan nya sangat prima.
    Dan yg selama ini dikatakan org sparepart suzuki mahal dan pke inden sbenarnya it trgantung siasat masing2 aj bro.
    Klo kita pesan sparepart kesorum ya jls inden lh,bro tau sndri suzuki penjualan lesu,jdi kemungkinan berdampak pada daya beli sorum terhadap sparepart lemah.
    Cba deh bro cri sparepart suzuki it ketoko sparepart grosir.
    Kemarin saya beli gear suzuki shogun 1set lengkap ori hanya 105rbu.sdgkn saya beli gear supra 1set ori merk ahm hrganya 165rbu.
    Jls disini konsumen indonesia ketipu merk.
    Image honda iri,nyatanya produk honda saat ini rata2 lebih boros dri suzuki.
    Malah suzuki membuktikan dgn matic next ny mampu menempuh jarak 76km dgn konsumsi bbm 1liter.apakah honda ad maticnya seirit it walaupn sudah injeksi?
    Begitu jga dgn yamaha.
    Bro liat aj iklan yamaha ttg matic injeknya blg irit 60% lah.
    Itu berdasarkan acuan apa?
    Yg ad yamaha cba melakukan rekayasa utk membangun image irit pdhal sbnarny ttp aj boros

  9. Ane mau tanya agan2, ane punya motor shogun f1 udh 5 thun d’pake normal aza, nah pas ane mau pake kluar kota eeh malah malah macet, d’starter hidup aja tapi pas mau dijalankan eeh malah gak bisa d’angkt gasx . Mhon solusix gan, soalx dsni jauh bgt tukang servisx.thx

      • Mungkin maksudnya, digas tapi rpm gak naik alias masih idle atau brebet… Sy pernah mengalami hal ini, tapi di mobil. Ya mungkin gak jauh beda sama di motor. Kalau di mobil sy dulu penyebabnya yg pertama ada di pompa bensin yg udah loyo. Yg kedua ada di angin2 tangki bensin yg kesumbat. Jadi, slang bensin yg ke injektor itu setengah kosong dan yg pasti kurang tekanan. Trus kalo di gas ya pasti brebet + rpm gak bisa naik. Kalau udah gitu ya ndorong boss… :D
        Nah, klo dimotornya agan ini, bisa jadi pompa bensinya loyo. Tapi kan usianya masih 5 thn, bisa jadi penyebabnya cuma kotoran yg nyumbat saluran bensin. Kalau ada filter bensinnya, ya sebaiknya dicek dulu filter-filter bensinnya… :)

  10. Kalo ngomongin soal Shogun injeksi, (saya juga pengen punya nih bos….. :D …)
    Ini saya habis surfing2 browsing2, Shogun axelo itu ada yang versi injeksi. Tapi, belum dijual di Indonesia. Untuk saat ini saya masih pakai Shogun SP. Sebelumnya, saya pemakai Suzuki Arashi. Mesinya gak jauh beda sama Shogun tapi saya pakai cuma 3 thn trus saya tukar tambah sama Shogun SP. Dua motor yg pernah saya miliki ini saya pakai untuk menempuh jarak 100Km pulang pergi. Trus saya ini makainya sering malam hari waktu jalanan sepi. Pastinya klo jalanan sepi + kondisi jalan yg lebar dan bagus, itu motor saya pacu untuk mencapai Top Speed.
    Nah, 3 thn pakai Arashi, untuk mesin dari baru sampai saya jual gak ada masalah sama sekali… malah kata bengkelnya gak brubah. Tapi ya gitu gan, perawatan rutin…
    Kalau Si Shogun SP ini usianya hampir 5 thn dan selama ini gak pernah ada masalah yg berarti. Ya paling cuma ganti dop/lampu depan. Maklum siang hari nyalakan lampu…. :D

  11. shogun 110 th 2003, 144.000km dalam 10 tahun, kondisi= turun mesin di km 120.000 gara2 telat gnti oli, ganti seker,ring, stang & laker, sampai sekarang masih oke aja, walau kompresi gak sebaik sebelum turun mesin + oli rembes terus, masih kuat naik turun dieng-bandungan kondisi boncengan+ barang bawaan full (kurang lebih beban 170kg)

    mantap emang motor lungsuran bapak ane,,,
    walau skrang udah ada gantinya vespa 150lx, tapi untuk harian masih pakai shogun 110r kesayangan..

  12. kok aneh yh bisa ampe gigi patah gitu.

    padahal shogun 125 tahun 2005 ane udah jalan 9 tahun gak pernah ada masalah dengan mesin. pling komponen fast moving kampas rem, kampas kopling, gasket karbu, lager roda, dll.

    itupun mesin selalu paksa rpm tinggi di gigi rendah gak pernah ada masalah dengan jeroan mesin.

    apa mungkin dapet produk cacat bro??? ato ada yg jailin masukin batu ke lubang oli???? :D

    analisis ane gear 3 kmrecek bukan dari dalemannya bro,
    - bisa jadi ente nyetel stationernya dibuat rendah(ingin halus) jadi begitu digas/ setengah kopling jeg-jeg (suara dekompresi),
    - atau karbu kotor/bensin campur bisa bikin akselerasi bersuara krek-krek dari karburator.
    - bisa jadi ente terlalu lama tahan gigi1/2(ngoper ditahan serasa netral) itu pasti gearnya kmrecek karna mekanisme kopling shogun 125/smash gak pake sistem kopling diafragma.

    dan kendala diatas udah ane alami hasilnya gak ada masalah dengan mesin. mungkin ente pakenya terlalu banyak dirasa jadinya motor kerasa cepet rusak padahal engga..

  13. ane pny shogun F1 taon 2008, ga pernah ada masalah gan, cuman ada masalah di pelampung doang, masak baru 10rb km uda rusak, skrg baru jalan 26rb…..tp emang mo dijual seh krn ane uda bosen sama bebek…mo cari matik yg enak tinggal gas doang

    • mungkin memang punya saya,eh bapak saya dulu bawanya kasar jadi cepet bermasalah. kelemahan suzuki buat type yang kurang laris ya pada ketrsediaan sparepart, mosok dulu ganti pelampung harus nunggu 1-2 bulan

Tinggalkan Balasan

