Ternyata Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melebihi Ekspektasi Saya

image

Lagi ga ada inspirasi nulis artikel otomotif, saya coba share tentang perekonomian. Saya baru tahu kalau ternyata kekuatan ekonomi indonesia tergolong kuat saat mengikuti sebuah kuliah umum/seminar di kampus seminggu yang lalu. Dalam pidato pembuka oleh narasumber (saya lupa namanya) yang berasal dari LKPP, disebutkan bahwa GDP indonesia lebih tinggi dari gabungan GDP malaysia+singapura+thailand sekitar 900 milyar USD dan jadi yang terbaik di asean dengan pertumbuhan GDP stabil di 6%. Sekarang juga berada di peringkat 6 asia dan 16 dunia. Saat ini APBN indonesia berjumlah 1500 triliun rupiah, dan diprediksikan jika APBN mampu ditingkatkan sampai 5000triliun maka akan menembus 10besar dunia dengan estimasi APBN china saat ini jika dirupiahkan 8000triliun berhasil menjadi peringkat 1 dunia dalam GDP.

Kenapa perlu apbn yang sebesar itu untuk menembus 10 besar GDP? Itu disebabkan karena wilayah indonesia yang luas. Dianalogikan dengan china yang juga berwilayah luas dan berpenduduk banyak, sehingga idealnya apbn harus mendekati china untuk bisa meningkatkan GDP secara signifikan.

Dari sisi utang negara, saya rasa sudah banyak perbaikan dibanding beberapa tahun yang lalu. Pembiayaan gap antara income dan belanja cuma 190T alias cuma 10% saja. Dan pembiayaan disini bukan berarti pinjaman lho ya. Sekarang sebagian besar utang berbentuk SUN (Surat Utang Negara), Obligasi, dan Surat Berharga yang bersifat syariah. Surat berharga itu dijual ke warga negara indonesia sendiri. Kelebihan SBN dibanding Pinjaman dari Luar Negeri adalah nilai tawar pemerintah lebih tinggi dan menentukan terms & condition SBN itu dibanding Pinjaman LN yang biasanya terms & conditionnya memberatkan pemerintah. Sehingga utang yang dimiliki sekarang bunganya tergolong kecil dan syaratnya lebih lunak. Yang akhirnya membuat indonesia mencapai investment grade. Monggo dishare pendapatnya…

About these ads

4 thoughts on “Ternyata Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melebihi Ekspektasi Saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s