Faktor Penghambat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (1)

image

Melanjutkan artikel terdahulu tentang pertumbuhan ekonomi indonesia, sekarang saya akan mencoba menganalisa apa saja faktor penghambat dari pertumbuhan ekonomi indonesia. Di artikel sebelumnya telah dibahas mengenai GDP, Growth, dan Struktur Utang. Semua itu menunjukkan indonesia sangat berpotensi menjadi negara maju. Namun untuk menujunya terdapat beberapa faktor yang bisa menghambat pertumbuhan itu.

Yang pertama adalah faktor penggunaan dana APBN sebesar 1500Triliun itu saya rasa kurang optimal. Yang paling mencolok adalah dari faktor penyerapan anggaran/pencairan anggaran yang dilakukan. Dari yang saya amati, penyerapan anggaran sebagian besar dicairkan di bulan november-desember. Dan pada bulan januari – september/oktober pencairan dana apbn secara bulanan di tiap satker cuma sekitar 5% dari total anggaran untuk setahun. Padahal jika dibagi rata 100%/12=8,33%, sehingga idealnya penarikan tiap bulan 7,5-9%. Akibatnya di 2 bulan terakhir masih tersisa 30-40% “dana yang harus dihabiskan”. Maka muncullah proyek2 dadakan di masing-masing kantor. Coba anda perhatikan tiap kantor punya banyak proyek di akhir tahun yang digarap 2bulan terakhir. Dan biasanya proyeknya bersifat “ga penting-penting banget”. Mulai dari ganti paving parkiran, beli ornamen hiasan kantor, beli ATK dengan jumlah besar, beli PC, hingga memperbanyak intensitas rapat-rapat ga penting.
Saya rasa itu semua pemborosan duit negara saja. Cuma sekedar memenuhi realisasi anggaran 100% saja agar dianggap berkinerja baik. Padahal menurut pendapat pribadi saya, jika bisa melalsanakan tugas dan fungsi dengan dana yang lebih sedikit tanpa mengurangi kualitas itu menunjukkan kinerjanya lebih baik. Bukanlah duit yang berlebih itu daripada digunakan untuk proyek-proyek ga penting dialihkan ke hal-hal lain yang lebih memberi manfaat seperti membangun infrastruktur jalan,jembatan,bandara dan sebagainya. Bagaimana pendapat anda? Monggo dishare..

About these ads

3 thoughts on “Faktor Penghambat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (1)

  1. Biasanya kantor pemerintahan atau bumn berlomba-lomba menghabiskan budget di akhir tahun. Mereka pikir budget itu harus dihabiskan. Sayang kalau gak dihabiskan, karena mereka dapat persenan dari supplier atau vendor.

  2. begitulah di negara kita, di kantor ane aja tuh lagi bagi” notebook baru, padahal 6 bulan yang lalu juga udah bagi” notebook,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s