Faktor Penghambat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (2)

image

Bicara tentang penyerapan anggaran yang seret, sebenarnya berhubungan dengan 2 faktor lain, yaitu perencanaan yang kurang matang dan proses pelaksanaan anggaran yang cukup ribet. Kali ini saya bahas mengenai perencanaan yang kurang matang.

Sebenarnya dana yang berlebih itu berasal dari kurang baiknya sistem perencanaan yang dilakukan. Satker/kantor biasanya malas untuk membuat rencana kebutuhan dananya dan tinggal menyalin saja dari rencana anggaran tahun sebelumnya, padahal tahun sebelumnya juga menyalin dari tahun sebelumnya. Bisa dibayangkan perencanaan yang dilakukan berdasar perencanaan bertahun-tahun yang lalu. Hal ini diperparah oleh adanya mindset yang mengutip dari salah satu dosen saya “yang penting duitnya ada dulu, rencana penggunaannya nanti dipikir sambil jalan”. Bisa jadi duit yang direncanakan di awal tahun jauh lebih besar dari kebutuhan yang sebenarnya. Contoh karena rencana yang main copas tahun sebelumnya, bisa jadi tahun sebelumnya ada pengadaan gedung sekian miliar padahal pengadaan gedung tidak tiap tahun dilakukan.
Akibat dari kelebihan duit itu biasanya akan dilakukan revisi di APBN-P di tengah tahun, yang akhirnya menyebabkan muncul proyek yang aneh-aneh itu tadi demi menghabiskan “duit yang harus dihabiskan” itu tadi. Seharusnya, sistem perencanaannya mengacu pada kinerja yang akan dilakukan oleh satker/kantor untuk tahun berjalan yang dikenal dengan penganggaran berbasis kinerja (PBK) atau bahasa inggrisnya performance based budgeting. Diharapkan dengan diterapkannya PBK ini satker/kantor berupaya memenuhi target keluarannya bukannya berlomba-lomba menghabiskan duit.

About these ads

Satu gagasan untuk “Faktor Penghambat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s