Perpanjang TNKB Tidak Perlu Membawa Kendaraan ke Daerah Asal

masih menyambung artikel sebelumnya.

2013-03-07 20.17.48

Cukup banyak dari para perantau baik itu untuk kerja atau kuliah yang masih menggunakan plat daerah asal meski berdomisili di kota tempat perantauan. Faktor belum tinggal menetap dan memiliki KTP daerah perantauan menjadi alasannya. Biasanya saat perpanjangan STNK baik tahunan atau 5 tahunan menjadi hal yang lebih merepotkan daripada yang berplat sesuai daerahnya. Pajak tahunan ga terlalu sulit karena tinggal bawa KTP & STNK ke daerah asal atau dikirim ke keluarga untuk diuruskan, masa aktif stnk bisa diperpanjang. Tetapi pajak 5 tahunan ternyata cukup merepotkan.

Beberapa orang masih menganggap kalau mengurus pajak 5 tahunan motor/mobilnya harus dibawa ke daerah asal. padahal di samsat nantinya cuma dibutuhkan buat cek fisik dengan cara menggesek nomor rangka dan nomor mesin saja. Oleh karena itu sebenarnya perpanjang TNKB alias pajak 5 tahunan di luar daerah bisa dilakukan tanpa membawa kendaraan ke daerah asal. Caranya yaitu dengan melakukan cek fisik di samsat terdekat. Umumnya samsat yang mensyaratkan bpkb,stnk,ktp berikut copyannya, namun ada juga yang tanpa syarat apapun. cukup minta form ke petugas samsat dan kemudian minta digesekkan nomor rangkanya ke petugas cek fisik. proses cek fisik selesai setelah form cek fisik ditempel hasil gesekan nomor rangka dan mesin dan ditandatangani oleh petugas cek fisik. kemudian jangan lupa memberikan tip seikhlasnya kepada petugas cek fisik, tapi tak jarang ada yang mematok nominal tertentu buat tip.

setelah formulir cek fisik ditangan, tinggal bawa saja form cek fisiknya berikut syarat2 yang lain ke samsat daerah atau dikirim untuk diuruskan oleh keluarga di daerah. setelah itu semua proses seperti pengurusan normal tanpa membawa kendaraan ke daerah.
semoga bermanfaat…

About these ads

13 gagasan untuk “Perpanjang TNKB Tidak Perlu Membawa Kendaraan ke Daerah Asal

  1. pake cek fisik bantuan ya?? didaerah ane cek fisik dipatok 100rb tuh gan (tanpa tanda terima resmi, alias pungli), jangankan ngasih ikhlas sm petugasnya, klo malaknya kayak gitu ya jadi gak ikhlas lagi….jan, gak pejabat sampe silup kabeh podo haus duit (padahal jelas duit haram)….

    • wah parah juga ya, ane dulu pas ngurus stnk yg datanya ada yg salah aja bikin cek fisik bantuan petugasnya ga matok tarip. ane kasih 10rb udah seneng.
      waktu itu ane langsung ke petugas cek fisiknya, ga ke kantornya dulu sih

      • wah agan beruntung donk, tp untuk ambil blanko cek fisik kan harus ke kantornya, nah disitulah patokan tarif ditetapkan (dimintain pungli), klo petugas cek fisik yg diluar kan tinggal esek2 aja tuh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s