Kerugian Memakai Per Kopling Racing

image

image

Sudah sekitar 1,5 tahun saya menggunakan kampas berikut per kopling tipe racing. Untuk kampas saya memakai merek BRT yang speknya merupakan kampas racing harian dan untuk per koplingnya saya memakai R9 tipe kompetisi. Sebenarnya saya ingin memasang per kopling tipe racing harian tapi karena harganya sama dengan per kopling kompetisi tidak ada salahnya memakai per kopling ini.
Pada awal pemakaian kopling menjadi sangat responsif, dan tenaga tersalur dengan baik ketika kopling dilepas. Tetapi sebagai konsekuensinya kopling menjadi sangat berat/keras. Jauh lebih keras dari per kopling standar. Saya pikir, kalau ‘efek samping’ memakai per kopling racing kompetisi hanyalah kopling terasa berat dan lama kelamaan pasti akan terbiasa.
Tetapi anggapan saya itu salah. Beberapa hari yang lalu tarikan kopling saya menjadi ringan dan kurang narik ke axle kopling yang terletak di blok mesin sebelah kanan. Bahkan ketika ditarik maksimalpun untuk berhenti dengan gear masuk mesin langsung mati. Karena saya anggap mengganggu saya coba kencangkan dengan menggeser push lever di mesin menjadi lebih “narik” lagi. Dan ketika dicoba tuas kopling ditarik, kabel kopling langsung putus. Untungnya kejadian itu terjadi di rumah sehingga tidak perlu mendorong motor cukup jauh. Dan akhirnya motor harus dikandangkan dulu sebelum kabel koplingnya diperbaiki.

67 thoughts on “Kerugian Memakai Per Kopling Racing

  1. Ping balik: Kabel Kopling Putus, Coba Ganti Kabel Kopling Sendiri « achmad sya'roni personal blog

  2. klu mx 2008 kopling manual pakai kampas std pir TDR cdi brt dual bend koil karisma busi ngk kaborator std cuma maen jet. rantai ger 15-36,ban std muka blakang, tes track lurus ,
    Ger 1 55kpj
    Ger 2 95kpj
    Ger 3 125kpj
    Ger 4 155kpj ,
    Yang saya mau tanya kan apa pengaruh pir TDR klu lama. so alnya kopling agak keras di tarik,

  3. gan,tolng kash tau donk,
    knapa motr rx king saya kopling ny makin lama makin keras, sdangkan tali kopling mash bagus,per kopling mash bags jg

  4. gue pake per kopling racing cld woles woles ajah gan.
    semua tergantung gimna cara pemakaian.
    mungkin agan mainin koplingnya dibetot betot terus kali. hehe

  5. ya kadang kampas kopling habis masih bisa ketolong sama per kopling racing, tergantung kebutuhan jg pengen tenaga plus tonjokan gede pake per kopling racing,tp itu jg liat per koplingnya buat harian atau buat balap?kalau racing harian pake merk KZM aja cukup , kalau biasa biasa saja ya jgn diganti pake yg normal aja gitu aja koq repooot hehehehhehe skalian promosi kalau ada yg perlu per kopling murah alias terjangkau silakan add FB KZM atau add pin BB 32803C9F thanks bro ……

  6. Kalau masalah per dan kampas koplingnya saya merekomendasikan DAYTONA, mas bro, untuk kabel kopling saya modif, pentolanya saya ganti, dan yang paling penting pemakaian sewajarnya saja, sekalian nitip lapak juga boleh ya :D bagi yang cari helm Nolan, X-LITE, kampas rem, busi NGK, DENSO made in Japan, Carburetol ori Japan dll bisa kontak BB: 218C5F83, oke makasih

  7. ampun dah pake kampas racing kompetisi buat harian, kalo ketemu jalan macet pegel bro. efek positifnya motor jarang dipinjem temen kosan kalo ga butuh2 amat hehe

  8. gan motor tiger ane kalau koplingnya di teken suara rante suka bunyi dan tarikannya kurang,,
    apa solusinya supaya rante gk bunyi dan tarikannya bertambah?

  9. Mas saya mau tanya ? mtr saya vega r new ..
    saya mau pake kopling manual ..
    saya mending make tali kopling apa yang cpet tarikannya mas ?

  10. kapok gw pake perkop racing, lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya. apalagi yg pake perkop racing kompetisi ya

  11. gan sya mau tanya nich ? mtr saya satria fu th 2012
    rncananya saya mw pkek kmpas kopling yg racing supaya performanya nambah..
    kmpas kpoling racing ap gan yg cocok buat hrian ?

  12. kalo pengen nyaman kopling manual jupiterz. pake per kopling standar aja. kampas koplingnya yang orisinil. cuman tiap per nya di ganjal ring, tebalnya 2 mm. trus gear belakang 36, gear depan 15. karbu RX king 24, klep sonic. per klep sogun. noken as bubut harian pake seher kawasaki kaze, CDI mio standar/ vega. masuk gigi 2 masih jumping brow.

  13. gan ,klo motor supra x 125 dipakein perkopling yg cocok apa gan biar tenaga nambah tapi harian juga enak??CDI udh ganti jg pake BRT neo DUAL BAND.

  14. salam….

    numpang tanya… mx 135 th 2007 mtr sy punya kendala seperti ini mas… saat rpm tinggi sy tutup gas sedikit tiba2 brebet knp yah? kadang sy turunin gas sedikit dan saya buka lagi sedikit tiba2 suka telat itu knp yah? terkadang seperti itu…. CDI sudah BRT hyperband, knalpot sdh ganti, filter open tp masi pasang box tanpa tutup box filter + filter, karbu standard….

    apa ada perlu naikin pilot + main jet? kira2 naik brp utk pilot & main?

  15. gan ma tanya nih motor saya karisma pakai kopling manual saat itu tali kopling saya putus saya ganti dengan yg baru saat saya tarik kopling di dalam bak kopling terdengar bunyi “tak” iba tiba kopling saya tiba2 ngelos kyg tali koplimg putus
    itu kenapa y gan mohon jawabannya
    tanks

  16. G usah diganti gan per koplingnya,dikakuin aja duank
    Di palu disela per kopling pake kunci apa kek, direngangin aja biar kaku
    Jg reponsif ko,g usah beli baru

  17. kalo perkopling ninja rr150 di npake di yamaha vixion gimana gan? bisa kahh atau tidakkk< secara ukuran sama< namun secara diameter lingkaran beda dikit sama ninja , besar punya ninja.

  18. IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
    PADANG
    HP:085264100020
    pin bb:29d4b762

    Daftar harga Suku Cadang Motor honda dan yamaha Terbaru 2014 Mega pro RingPiston197.000 Mega Pro Kabel Gas35.000 Mega Pro CDI 480.000 Mega Pro Shock Dpn Kiri 421.000. Shock Dpn Kanan 421.000 Mega Pro Shock Blkg318.000 Tiger Kampas Rem Dpn (Disk)-Lokal 30.000 Tiger Kampas Rem Depan (Disk)-Import 76.000 Tiger Kampas Rem Blkg tromol 60.000 Tiger Kampas Kopling Set 125.000 Tiger Saringan Udara 54.000 Tiger Rantai Roda Set 765.000 Tiger jari 2 Depan40.000 Tiger Piston154.000 Tiger Ring Piston 197.000 Tiger Kabel Gas 67.000 Tiger Kabel Kopling 30.000 Tiger CDI 410.000 Tiger Bola Lampu Blkg 20.000 Tiger Shock Dpn Kiri 530.000 Tiger shock Dpn Kanan530.000 Tiger Shock Blkg 494.000 Vario 110 Kampas Rem Dpn 43.000 Vario 110 Kampas Rem Blkg 63.000 Vario 110 Kampas Kopling Set 220.000 Vario 110 Saringan hawa 50.000 Vario 110 V-belt 130.000 Vario 110 CDI 470.000 kunci kontak set mio 160.000 kunci kontak set mio soul 225.000 kunci kontak set jmx 217.000 mangkuk2 stang mio/jupiter z 155.000 paking deksel mio 13.000 paking deksel jmx 23.000 shock blkg mio 155.000 noken as/as klep vixion 168.000 block rx king 1.148.000 gigi stater mio 167.000 gomok cvt 13.000 pen platuk klep mio 13.000 pen platuk klep jmx 20.000 tali speedo meter mio 17.000 kamvas kopling jupiter 88.000 seal klep mio 20.000 seal klep jmx 7.000 as engkol mio 145.000 as engkol xeon 115.000 karet tutup tangki 4.000 noken as jmx 245.000 Harga Kampas Rem Depan75.000 Harga Kampas Rem Belakang Rp. 45.000 Harga Kampas Kopling mio Rp. 243.000 Harga Saringan Udara Rp. 35.000 Harga V-belt Rp. 83.000 Harga Roller/buah Rp. 15.000 Harga Rumah Roller Rp. 67.000 Harga CDI Rp. 220.000 Harga Relay Starter Rp. 62.000 Harga Kabel Spidometer Rp. 25.000 Harga Piston Rp. 63.000 Harga Ring Piston Rp. 77.000 Harga Rocker Arm Rp. 125.000 Harga Sokbreker Belakang Rp. 161.000 KHUSUS BAN FDR KITA DISKON HARGA 10%

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s